Pengenalan Fungsi V/HLookup pada Ms. Office Excel
1. Definisi VLOOKUP dan HLOOKUP
VLOOKUP dan HLOOKUP adalah suatu Fungsi pada Ms. Office Excel yang digunakan untuk mencari dan mengambil data dari suatu tabel referensi berdasarkan suatu nilai tertentu.
VLOOKUP merupakan singkatan dari vertical lookup yang menggambarkan proses kerjanya mencari data secara vertikal baris demi baris.
HLOOKUP merupakan singkatan dari horuzontal lookup yang menggambarkan proses kerjanya mencari data secara horizontal baris demi baris.
2. Bentuk Penulisan Fungsi Hlookup dan Vlookup
=HLOOKUP(lookup_value;table_array;row_index_num;[range_lookup])
=VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;[range_lookup])
lookup_value = nilai atau teks sebagai dasar untuk pembacaan table
table_array = merupakan tabel referensi (tabel yang diambil/dimuat datanya)
row_index_num / col_index_num = nomor indeks baris (row) atau kolom (col) pada tabel referensi yang berisi nilai yang kita inginkan berdasarkan hasil pencocokan (kolom keberapa yang ingin diambil/dimuat datanya)
range_lookup = bernilai True atau False
3. Contoh Penggunaan VLOOKUP dan HLOOKUP
Berikut ini disajikan tabel / lembar kerja Daftar Penjualan Televisi yang memuat Harga Televisi, Jumlah Bayar dan Bonus.
Cara Pengerjaannya yaitu:
1. Siapkan terlebih dahulu lembar kerja yang akan dimuat dan kosongkan kolom merk televisi, jumlah bayar dan bonus, muat seperti gambar berikut..
2. Setelah semua dimuat di lembar kerja excel, masukan rumus fungsi =vlookup( pada cell E5. Mengapa rumus vlookup yang di pakai, karena nomor index / data yang akan dicocokan berbaris vertikal.
Masukan/tentukan lookup_value setelah simbol kurung buka dengan cara mengklik dengan kursor pada cell yang berisi nilai/teks/kode pembacaan tabel. Dari contoh yang diberikan yaitu pada cell D5 kemudian masukan titik koma tanpa spasi [;],
=vlookup(D5;
Selanjutnya masukan table_array / tabel yang akan diambil datanya (tabel harga televisi) dengan cara menandai/memblok tabel tersebut, setelah selesai tekan tombol F4 (untuk merubah cell menjadi absolut) kemudian ketik/tekan tombol ;
=vlookup(D5;$B$13:$D$19;
Kemudian masukan col_index_num / nomor indeks kolom / kolom keberapa yang ingin diambil/dimuat datanya (kolom ke 2 yaitu kolom merek televisi) kemudian ketik/tekan tombol ; selanjutnya masukan range_lookup (untuk memaksimalkan kinerja formula kita dapat tulis angka 0). Kemudian tekan/ ketik tombol kurung tutup " ) "
=vlookup(D5;$B$13:$D$19;2;0)
Setelah selesai tekan enter. dan hasilnya akan muncul pada cell tersebut.
3. Untuk mengisi cell berikutnya dengan otomatis bisa dilakukan dengan cara blok dan drag. Arahkan mouse pada pojok kanan bawah pada sel yang sebelumnya, setelah pointer berubah menjadi tanda plus (+). Klik kiri dan tahan menggunakan mouse kemudian drag atau seret kebawah sampai dengan cell E9.
Secara otomatis semua cell yang dipilih akan terisi sesuai kode barang.
4. Untuk mengisi kolom Jumlah Bayar hampir sama seperti sebelumnya, hanya saja col_index_num nya berbeda ( index kolomnya di ganti menjadi 3 karena yang di ambil ialah kolom harga (unit)) yang akan dikalikan dengan jumlah unit.
=vlookup(D5;$B$13:$D$19;3;0)
Selanjutnya dikalikan dengan cell C5 (cell dari Jumlah Unit)
=vlookup(D5;$B$13:$D$19;3;0)*C5
Kemudian hasilnya akan segera muncul.
5. Untuk mengisi cell berikutnya dengan otomatis bisa dilakukan dengan cara blok dan drag seperti pada cara no 3.
Hasilnya seperti berikut.
6. Untuk merubah format nomor menjadi rupiah, klik seperti gambar di bawah number format pada menu number kemudian ubah numbe dari General menjadi Accounting.
dan format nomor akan menjadi nominal rupiah.
7. Selanjutnya untuk pengisian cell pada kolom Bonus yaitu berdasarkan Tabel Bonus Pembelian, karena tabel yang akan diambil/dimuat berbentuk baris (horizontal) rumus yang digunakan ialah HLOOKUP yaitu =HLOOKUP( ...
Masukan/tentukan lookup_value setelah simbol kurung buka yaitu sama dengan cara sebelumnya ; selanjutnya pilih/masukan table_array / tabel yang akan diambil datanya (Tabel Bonus Pembelian) dengan cara menandai/blok setelah selesai tekan tombol F4 (untuk merubah cell menjadi absolut) kemudian ketik/tekan tombol ;
=HLOOKUP(D5;$B$23:$G$24;
setelah yang sebelumnya selesai kemudian masukan row_index_num / nomor indeks baris (baris ke 2 yaitu baris Bonus) kemudian ketik/tekan tombol ; selanjutnya masukan range_lookup (untuk memaksimalkan kinerja formula kita dapat tulis angka 0). Kemudian tekan/ ketik tombol kurung tutup " ) " kemudian enter.
8. Setelah hasil muncul sesuai dengan Tabel Bonus Penjualan Untuk mengisi cell berikutnya dengan otomatis bisa dilakukan dengan cara blok dan drag seperti pada cara no 3.
dan hasilnya akan muncul seperti pada gambar berikut.
FINISH!!!
Inilah hasil akhirnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar